5 Tips Menjaga Fisik Dan Mental Usai Melahirkan

Usai bertarung melawan rasa sakit ketika melahirkan, seorang ibu harus bergelut kembali dengan berbagai hal terkait mengurus bayi. Tidak jarang, para mommy merasa kelelahan hingga stress yang tak kunjung hilang. Ada-ada saja hal yang membuat mommy merasa lelah saat mengurus bayi seperti harus bergadang, mencuci pakaian bayi, memandikannya serta memahami bagaimana cara menidurkan bayi yang cepat karena saat bayi tidurlah, mommy sedikit merasa tenang dan punya waktu untuk diri sendiri.

Cara Menidurkan Bayi

Untuk para bunda, meski anak adalah hal yang utama namun jangan lupakan diri sendiri ya… karena tanpa tubuh yang sehat serta mental yang stabil, bunda tentu tidak dapat merawat bayi dengan baik. So, lakukan beberapa hal seperti berikut ini agar kesehatan fisik dan mental mommy tetap terjaga.

1.       Hindari Stress

Hal ini mungkin dirasa sulit bagi sebagian ibu karna banyak faktor yang memicu terjadinya stress disaat sedang megurus bayi. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Mommy tetap harus berusaha untuk sebisa mungkin terhindar dari stress. Caranya, bisa dengan melakukan hal-hal yang membuat mommy merasa senang. Lakukan apa yang menjadi hobi mommy, misalnya membaca, mendengarkan musik, memasak, menyulam dan lainnya. Lakukan hal tersebut disela-sela kesibukan merawat bayi.

2.       Istirahat Yang Cukup

Di awal-awal merawat bayi yang baru lahir, memang sangat sulit untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, apalagi tidur lama dan nyenyak seperti saat belum memiliki bayi. Bunda dapat mendapatkan waktu istirahat meski sedang sibuk dengan cara memahami waktu tidur anak. Umumnya bayi akan tidur pada jam-jam tertentu, nah pada saat itu bunda juga dapat menyiapkan waktu untuk istirahat. Idealnya saat bayi tidur, ibu juga tidur.

3.       Jaga Asupan Gizi

Agar fisik ibu tetap terjaga dan kuat, tentu harus makan makanan yang bergizi, terlebih jika ibu memberikan ASI langsung pada bayi. Menjaga asupan gizi tidak hanya baik bagi tubuh ibu tetapi juga baik untuk perkembangan bayi. Makanlah buah-buahan dan sayur serta makanan yang sehat sebagai sumber energy bagi ibu menyusui.

4.       Minum Vitamin

Terkadang makan dan minuman yang dikonsumsi masih dirasa tidak cukup, terlebih jika sedang sibuk mengurus bayi. Mommy seringkali tidak punya banyak waktu untuk memikirkan atau membuat makanan sehat bergizi sehingga perlu tambahan berupa konsumsi vitamin guna memenuhi kebutuhan gizi dan tenaga. Bunda bisa mengkonsumsi madu atau sari kurma secara rutin, 2 sendok setiap hari sebagai tambahan vitamin alami.

5.       Jalan-jalan

Di saat mengurus bayi, ada saja hal yang membuat ibu panik, cemas, stress dan khawatir seperti ketika bayi sering muntah , rewel, sakit dan lainnya. Jika bunda punya waktu luang, cobalah untuk sesekali minta ajak jalan bareng suami untuk sedikit menghilangkan stress dan merenggangkan urat syaraf yang tegang.

Related posts

Leave a Comment