Apa Itu Own Risk dalam Asuransi Kendaraan Bermotor?

Asuransi kendaraan bermotor, baik itu motor ataupun mobil sudah menjadi hal yang harus dimiliki setiap orang yang memiliki kendaraan dan tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Sebab, di kota-kota seperti ini, jumlah kendaraan bermotor yang banyak memicu kecelakaan yang angkanya juga tinggi.

Cara Beli Asuransi Mobil

Selain itu, di kota besar juga jauh lebih rawan tindak kejahatan seperti pencurian kendaraan bermotor ketimbang daerah lain. Dengan memiliki asuransi kendaraan, bisa sangat membantu Anda dalam menanggulangi kerugian yang Anda derita. Namun, Anda harus tahu, ada own risk atau risiko sendiri yang harus Anda bayarkan dalam asuransi kendaran ini. Apa itu?

Apa Itu Own Risk?

Mungkin selama ini Anda hanya mengenal yang namanya all risk dan total loss only dalam suatu perlindungan asuransi kendaraan. Kata own risk masih jarang sekali terdengar. Bahkan, tak sedikit yang tak tahu sama sekali. Bagi Anda yang hendak membeli asuransi untuk kendaraan Anda, perlu mengetahui apa itu own risk.

Own risk atau risiko sendiri adalah sejumlah kerugian yang menjadi tanggung jawab pemegang polis asuransi jika ia melakukan klaim atas kendaraannya. Biasanya, jumlah risiko sendiri yang harus dibayarkan seorang pemegang polis asuransi berbeda-beda. Sesuai dengan polis yang mereka bayarkan.

Jika biasanya Anda membayar premi dengan nilai yang rendah, maka tanggungan risiko sendiri ini biasanya tinggi. Sebaliknya, bila Anda membayar premi dengan nilai yang tinggi, nilai dari risiko sendiri ini akan rendah. Biasanya, risiko sendiri ini hanya berlaku untuk kerusakan atau kerugian fisik kendaraan.

Namun, bila kerusakan fisik kendaraan ini disebabkan oleh tuntutan hukum terhadap pihak ketiga, maka risiko sendiri ini tidak berlaku. Pembebanan ini berlaku untuk setiap kali klaim yang Anda lakukan. Jumlahnya beragam. Biasanya selain bergantung pada jumlah premi, juga bergantung pada ketentuan perusahaan asuransi kendaraan bermotor itu.

Lalu, Apa Fungsi Own Risk atau Risiko Sendiri Ini?

Perlu Anda ketahui, pembebanan risiko sendiri dalam sebuah perusahaan  asuransi kendaraan, semisal asuransi kendaraan Garda Oto yang terpercaya dan telah memberikan yang terbaik bagi pelanggannya pasti ada tujuan. Risiko sendiri ini memiliki fungsi yang beragam. Di antaranya seperti supaya pemilik kendaraan lebih hati-hati.

Dengan bersikap lebih hati-hatti, setidaknya pemilik kendaraan tidak akan terlalu sering melakukan klaim sehingga ia juga tidak perlu mengeluarkan dana untuk pertanggungan terhadap objek kendaraan tersebut. Fungsi lain dari risiko sendiri ini juga bisa untuk menghindari kerugian-kerugian kecil.

Dengan menghindari kerugian-kerugian kecil ini, setidaknya Anda bisa mengurangi kemungkinan kerugian besar yang terjadi bila semua kerugian kecil itu digabungkan. Selain itu, fungsi dari risiko sendiri ini juga mengurangi jumlah premi yang Anda bayarkan per bulannya. Jadi, beban pembayaran premi perbulan bisa jadi lebih kecil.

Selain itu, adanya risiko sendiri in juga bermanfaat untuk kedua belah pihak. Perusahaan penyedia jasa asuransi seperti Garda Oto yang terlah memberikan pelayanan terbaik pada pelanggannya misalnya, bisa mendapat potongan dari kerugian yang harus ditanggung. Sedangkan dari pihak pemilik asuransi, ia jadi membayar premi yang jumlahnya sedikit.

Salah satu asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih sebagai asuransi terbaik adalah Garda Oto. Cara beli asuransi kendaraan bermotor Garda Oto mudah. Anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya bisa mendapat cicilan 0% untuk pengguna kartu kredit bank tertentu. Di Garda Oto #MakinGampang Klaimnya, Banyak Bonusnya pula!

Leave a Comment