Kenali Ciri dan Mengatasi Alergi Susu Pada Anak

Mengingat sudah ada banyak produk susu formula yang beredar dan dimanfaatkan beberapa pasangan suami istri untuk memberikan susu tersebut kepada anaknya untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan anaknya. Tidak semua anak mempunyai kesamaan dalam kecocokan konsumsi sebuah susu yang ada. Jika anak anda mengalami sebuah masalah pada ketidak cocokan mengkonsumsi salah satu produk susu yang ada, maka anda bisa mencoba cara yang ada untuk mengatasi alergi susu tersebut. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan lebih mudah yakni dengan cara:

Mengatasi Alergi Susu

  • Untuk anda para ibu yang masih dalam masa menyusui secara ekslusif maka anda sangat dianjurkan untuk menghindari pemberian susu formula. Susu formula bukanlah salah satu hal yang menjadi kebutuhan yang utama bagi anak anda. Jadi alangkah baiknya anda menghindari alergi tersebut dengan tidak memberikan susu formula sebagai susu tambahan ketika masih dalam masa menyusui secara ekslusif. Terpenting adalah anda memberikan ASI tepat waktu dan memberikannya setiap saat jika bayi anda menginginkannya. Jangan mudah lari dan memberikan susu formula karena anak anda bisa saja terkena alergi pada salah satu produk susu yang ada.
  • Untuk anak anda yang memang sudah pada waktunya untuk mengkonsumsi susu formula sebagai makanan tambahan maka anda bisa memberikan susu yang cocok dengan anak anda. Jika anak anda menunjukan hal yang berbeda ataukah hal tersebut terlihat aneh dan anak anda menujukan kondisi yang tidak baik, bisa saja anak anda mengalami masalah pada salah satu produk susu yang anda berikan. Berikan susu yang memang cocok dan tidak membahayakan anak anda.
  • Jika dengan susu formula saja anak anda tetap mengalami masalah maka anda tidak perlu merasa cemas, anda bisa mencoba mengganti susu formula dengan susu kedelai. Tentunya hal ini menjadi hal yang harus anda lakukan untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan yang diperlukan untuk anak anda. Susu memang sangat mendukung dalam perkembangan anak jadi lebih baik anda tetap mencoba mencari produk susu yang memang cocok untuk anak anda. Sehingga kebutuhan yang ada tetap bisa terpenuhi dengan baik.

Selain anda harus mengetahui cara mengatasi alergi susu maka anda bisa mencoba memperhatikan beberapa hal lainnya yang saling berhubungan. Selain anda mengetahui cara mengatasinya anda juga perlu mengetahui ciri – ciri anak yang menunjukan gejala ataupun tanda – tanda bahwa dirinya sedang mengalami sebuah masalah alergi. Berikut ini ada beberapa ciri yang ada yang bisa anda perhatikan sehingga anda lebih mengetahui keadaan yang sebernarnya yang sedang anak anda alami. Berikut ini adalah cirinya seperti:

  • Anak anda tiba – tiba menjadi pilek dan menunjukan tanda – tanda flu.
  • Anak anda mengalami sedikit masalah pada pernafasan. Pernafasan yang ada menjadi lebih terganggu dan sulit dilakukan oleh anak anda.
  • Muncul beberapa masalah pada sistem pencernaan seperti anak anda menjadi diare, susah buang air besar, dan juga bisa muncul beberapa ruam merah yang ada di beberapa bagian tubuh anak anda.
  • Terkadang anak anda akan muntah – mutah karena tidak cocok dengan susu yang diberikan.
  • Perut anak anda akan terlihat lebih kembung dan terkadang ada rasa nyeri pada bagian perut, yang membuat anak anda menjadi lebih tidak nyaman.

Itulah beberapa tanda yang bisa anda temui ketika anak anda menunjukan reaksi tidak cocok dengan sebuah susu yang ada. Dengan adanya ciri – ciri dan cara untuk bisa mengatasi alergi susu tersebut tentunya anda lebih mudah dalam berfikir hal apa yang akan segera anda lakukan ketika anak anda mengalami masalah tersebut. Tentunya masih ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mudah dan paling jitu untuk dilakukan. Anak mengalami sebuah alergi pada susu bukanlah hal yang jarang ditemui namun sering dialami oleh beberapa anak yang ada.

Tentunya bagi anda yang memang belum saatnya memberikan susu formula sebagai salah satu susu tambahan maka akan lebih baik jika anda tidak memberikan susu tambahan tersebut. Perhitungkan banyak hal yang nantinya bisa berdampak pada anak anda, karena pada dasarnya anak anda belum membutuhkan tambahan susu lainnya. Bagi anda yang memang masih dalam masa menyusui maka hal ini bisa anda jadikan hal yang wajib untuk dilakukan. Namun jika memang bayi anda sudah saatnya mendapatkan makanan tambahan maka anda bisa dengan lebih cermat lagi memilih beberapa bahan makanan yang memang cocok untuk anak anda. Semoga dengan infromasi ini anda lebih mudah dalam memberikan penanganan pada anak anda yang mengalami sebuah alergi pada salah satu susu yanga ada.

Related posts

Leave a Comment